Rabu, 22 Februari 2017

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP ) Tematk


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) TEMATIK

Satuan pendidikan            :  SDN 6 Tulakan
Kelas                                              :  4
Tema                                                 :  Selalu Berhemat Energi
Sub. Tema                            :  1. Macam-macam Energi
Pembelajaran ke-               :  1
Semester                              :  1  (satu)
Alokasi waktu                      :  1 x  pertemuan (6 x 35 menit)


A.   KOMPETENSI INTI
1.    Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.    Memiliki perilaku jujur,disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi degan keuarga, teman, guru dan tetangganya.
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan bertanya beradasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaanTuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia. 


B.   KOMPETENSI DASAR
IPA
3.4.
Membedakan berbagai bentuk energi melalui pengamatan dan    mendiskripsikan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari.
4.7.
Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang teknologi yang digunakan di kehidupan sehari-hari serta kemudahan yang diperoleh oleh masyarakat dengan memanfaatkan teknologi tersebut.


MATEMATIKA
3.11
Menunjukkan pemahaman aktifitas sehari-hari antara sepasang ekspresi menggunakan penambahan, pengurangan, perkalian.
4.1.
Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri, menyatakan kalimat matematika dan memecahkan masalah dengan efektif permasalahan yang berkaitan dengan KPK dan FPB, satuan kuantitas, desimal dan persen terkait dengan aktifitas sehari-hari di rumah, sekolah, atau tempat bermain serta memeriksa kebenarannya.

BAHASA INDONESIA
3.1.

Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam Bahsa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosa kata baku.
4.1
Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dalam Bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.2.
Menerangkan dan mempraktikkan teks arahan atau petunjuk tentang pemeliharaan panca indera serta penggunaan alat teknologi modern dan tradisional secara mandiri dalam Bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku

C.    INDIKATOR
IPA
1.      Melaporkan hasil pengamatan tentang manfaat benda-benda elektronik
2.      Melaporkan hasil pengamatan tentang manfaat sumber energi listrik bagi kehidupan manusia.

MATEMATIKA
1.      Mengaplikasikan pemahaman persamaan ekspresi matematika dalam operasi hitung penjumlahan, pengurangan, dan perkalian.

     BAHASA INDONESIA
1.      Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang pemanfaatan bentuk energi listrik menggunakan Bahasa Indonesia.
2.      Menerangkan secara lisan dan tulisan tentang manfaat dan cara pemakaian benda-benda elektronik secara mandiri menggunakan Bahasa Indonesia.

D.   TUJUAN
1.  Setelah kegiatan eksplorasi, melaporkan hasil pengamatan tentang manfaat benda-benda elektronik.
2.   Setelah kegiatan eksplorasi, melaporkan hasil pengamatan, tentang manfaat sumber enrgi listrik bagi kehidupan manusia.
3.   Dengan kegiatan eksplorasi mengerjakan soal – soal latihan iitung capur, siswa mampu mengaplikasikan konsep persamaan ekspresi kalimat matemtika dalam operasi hitung penjumlahan, pengurangan, dan perklaian secara benar.
4.   Dengan kegiatan eksplorasi, siwa mampu menyajikan teks laporan hasil pengamatan dalam bentuk tabel tentang manfaat benda – benda elektronik dan perubahan bentuk energi listrik dengan benar.
5.   Setelah kegiatan pengamatan terhadap benda – benda elektronik, siswa mampu menyajikan dan menerangkan teks arahan atau petunjuk tentang cara penggunaan benda – benda elektronik dengan benar dalm bentuk buklet.

E.   MATERI
-          Benda-benda elektronik
-          Operasi hitung campuran perkalian, penjumlahan,dan pengurangan
-          Buklet

F.     PENDEKATAN & METODE
Pendekatan       :   Scientific
Strategi               :   Cooperative Learning
Metode                :   Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah,

G.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripasi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1)    Siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran).
2)    Siswa  dicek  kehadirannya.
3)    Siswa menerima informasi  mengenai  tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang  “Selalu Berhemat Energi”
4)    Siswa menerima informasi  tentang tujuan  pembelajaran.
10 menit
Inti
1)    Tanya jawab guru dengan siswa (menggali informasi, mengamati, menyimak, mendengar)
2)    Siswa melakukan pengamatan dan melaporkan hasil pengamatan tentang manfaat benda-benda elektronik yang ada di rumah maupun di sekolah.
3)    Siswa melaporkan hasil pengamatan tentang manfaat sumber energi listrik bagi kehidupan manusia.
4)    Siswa mampu menyajikan teks laporan hasil pengamatan dalam bentuk tabel tentang manfaat benda-benda elektronik dan perubahan bentuk energi listrik dengan benar (buku siswa hal. 2)
5)    Siswa menjawab pertanyaan tentang manfaat perubahan energi.
6)    Siswa saling menukarkan jawaban dengan teman semeja, kemudian saling memberi masukan.
7)    Siswa menyimak penjelasan guru tentang cara mengghitung banyaknya daya listrik yang digunakan dirumah.
8)    Siswa menngetahui strategi menghitung pada operasi penjumlahan. Pengurangan dan perkalian.
9)    Siswa mengerjakan soal-soal latihan hitung campur, siswa mampu mengaplikasikan konsep persamaan ekspresi kalimat matematika dalam operasi hitung penjumlahan, pengurangan, dan perkalian secara benar (Buku Siswa hal. 3).
10) Siswa mampu menyajikan dan menerangkan teks arahan/petunjuk tentang cara penggunaan benda-benda elektronik dengan benar dalam bentuk buklet (langkah-langkah di Buku Siswa hal. 5).
150 menit
Penutup
1)    Siswa   membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari dengan bimbingan guru.
2)    Siswa bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi).
3)    Guru melakukan penilaian hasil belajar dan memngumpulkan pekerjaan siswa sebagai bahan portofolio.
4)    Siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran).
5)    Siswa  diminta untuk belajar permainan tradisional sederhana dengan  bimbingan orang tua.
15 menit

H.     SUMBER DAN  MEDIA
·         Benda-benda elektronik
·         Buklet tentang hemat energi

I.       PENILAIAN
1.    Prosedur Penilaian
a.    Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.

b.    Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian unjuk kerja (membuat buklet)

2.    Instrumen Penilaian
a.    Unjuk Kerja (membuat buklet)
Kriteria
Bagus Sekali
Bagus
Cukup
Berlatih Lagi
Tercantum informasi tentang manfaat benda elektronik
Tercantum 4 informasi tentang benda elektronik

(4)
Tercantum 3 informasi tentang benda elektronik

(3)
Tercantum 2 informasi tentang benda elektronik

(2)
Tidak tercantum informasi tentang benda elektronik
(1)
Tercantum informasi tentang sumber energi yang digunakan dan bentuk perubahan energi
Tercantuminformasi tentang sumber dan perubahan bentuk energi



(4)
Hanya mencantumkan perubahan bentuk energi




(3)
Hanya mencantumkan sumber energi




(2)
Tidak mencantumkan keduanya





(1)
Tercantum informasi tentang cara aman penggunaan benda elektronik
Tercantum 3 cara aman penggunaan benda elektronik


(4)
Tercantum 2 informasi cara aman penggunaan benda elektronik

(3)
Tercantum 1 informasi cara aman penggunaan benda elektronik

(2)
Tidak mencantumkan informasi cara aman penggunaan benda elektronik
(1)
Tercantum informasi tentang cara perawatan benda sehingga akan tahan lama
Tercantum informasi cara perawatan benda sehingga tahan lama


(4)
Tercantum 2 informasi tentang cara perawatan benda sehingga tahan lama

(3)
Tercantum 1 informasi tentang cara perawatan benda sehingga tahan lama

(2)
Tidak tercantum informasi tentang cara perawatan benda sehingga tahan lama
(1)







Lampiran1:
Tes lisan :
1.    Mengapa lampu itu bisa menyala dan padam ?
2.    Apa fungsi saklar lampu di dinding tersebut ?
3.    Saat lampu dimatikan, saklar berubah posisi, mengapa demikian ?
4.    Demikian pula saat lampu dinyalakan, saklar berubah posisi, mengapa demikian ?
5.    Selain karena saklar yang berubah posisi, adakah hal lain yang menyebabkan lampu itu terus menyala ?




Lampiran 2 : Gambar contoh leaflet dan booklet

buklet2.jpg


buklet4.jpg





Tidak ada komentar:

Posting Komentar