RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) TEMATIK
Satuan pendidikan : SDN 6 Tulakan
Kelas : 4
Tema : Selalu Berhemat Energi
Sub. Tema : 1. Macam-macam Energi
Pembelajaran ke- : 1
Semester :
1 (satu)
Alokasi waktu : 1 x pertemuan (6 x 35 menit)
A.
KOMPETENSI INTI
1. Menerima,
menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki
perilaku jujur,disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi degan keuarga, teman, guru dan tetangganya.
3. Memahami
pengetahuan faktual dengan mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan bertanya
beradasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaanTuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat
bermain.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR
IPA
3.4.
|
Membedakan berbagai
bentuk energi melalui pengamatan dan
mendiskripsikan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
4.7.
|
Menyajikan laporan
hasil pengamatan tentang teknologi yang digunakan di kehidupan sehari-hari
serta kemudahan yang diperoleh oleh masyarakat dengan memanfaatkan teknologi
tersebut.
|
MATEMATIKA
3.11
|
Menunjukkan pemahaman aktifitas
sehari-hari antara sepasang ekspresi menggunakan penambahan, pengurangan,
perkalian.
|
4.1.
|
Mengemukakan kembali dengan kalimat
sendiri, menyatakan kalimat matematika dan memecahkan masalah dengan efektif
permasalahan yang berkaitan dengan KPK dan FPB, satuan kuantitas, desimal dan
persen terkait dengan aktifitas sehari-hari di rumah, sekolah, atau tempat
bermain serta memeriksa kebenarannya.
|
BAHASA
INDONESIA
3.1.
|
Menggali informasi dari teks laporan
hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan
bantuan guru dan teman dalam Bahsa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih
dan memilah kosa kata baku.
|
4.1
|
Mengamati, mengolah, dan menyajikan
teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan
cahaya dalam Bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata
baku.
|
4.2.
|
Menerangkan dan mempraktikkan teks
arahan atau petunjuk tentang pemeliharaan panca indera serta penggunaan alat
teknologi modern dan tradisional secara mandiri dalam Bahasa Indonesia lisan
dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
|
C.
INDIKATOR
IPA
1. Melaporkan hasil pengamatan tentang
manfaat benda-benda elektronik
2. Melaporkan hasil pengamatan tentang
manfaat sumber energi listrik bagi kehidupan manusia.
MATEMATIKA
1. Mengaplikasikan
pemahaman persamaan ekspresi matematika dalam operasi hitung penjumlahan,
pengurangan, dan perkalian.
BAHASA INDONESIA
1. Menyajikan laporan hasil pengamatan
tentang pemanfaatan bentuk energi listrik menggunakan Bahasa Indonesia.
2. Menerangkan secara lisan dan tulisan
tentang manfaat dan cara pemakaian benda-benda elektronik secara mandiri
menggunakan Bahasa Indonesia.
D.
TUJUAN
1. Setelah kegiatan eksplorasi, melaporkan hasil
pengamatan tentang manfaat benda-benda elektronik.
2. Setelah kegiatan eksplorasi, melaporkan hasil
pengamatan, tentang manfaat sumber enrgi listrik bagi kehidupan manusia.
3. Dengan kegiatan eksplorasi mengerjakan soal –
soal latihan iitung capur, siswa mampu mengaplikasikan konsep persamaan
ekspresi kalimat matemtika dalam operasi hitung penjumlahan, pengurangan, dan
perklaian secara benar.
4. Dengan kegiatan eksplorasi, siwa mampu
menyajikan teks laporan hasil pengamatan dalam bentuk tabel tentang manfaat
benda – benda elektronik dan perubahan bentuk energi listrik dengan benar.
5. Setelah kegiatan pengamatan terhadap benda –
benda elektronik, siswa mampu menyajikan dan menerangkan teks arahan atau
petunjuk tentang cara penggunaan benda – benda elektronik dengan benar dalm
bentuk buklet.
E.
MATERI
-
Benda-benda
elektronik
-
Operasi
hitung campuran perkalian, penjumlahan,dan pengurangan
-
Buklet
F.
PENDEKATAN
& METODE
Pendekatan
: Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Metode : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah,
G.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripasi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1) Siswa
berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan
pembelajaran).
2) Siswa dicek
kehadirannya.
3) Siswa
menerima informasi mengenai tema yang akan dibelajarkan yaitu
tentang “Selalu Berhemat Energi”
4) Siswa
menerima informasi tentang tujuan pembelajaran.
|
10
menit
|
Inti
|
1) Tanya
jawab guru dengan siswa (menggali informasi, mengamati, menyimak, mendengar)
2)
Siswa melakukan pengamatan dan
melaporkan hasil pengamatan tentang manfaat benda-benda elektronik yang ada
di rumah maupun di sekolah.
3)
Siswa melaporkan hasil pengamatan
tentang manfaat sumber energi listrik bagi kehidupan manusia.
4)
Siswa mampu menyajikan teks laporan
hasil pengamatan dalam bentuk tabel tentang manfaat benda-benda elektronik
dan perubahan bentuk energi listrik dengan benar (buku siswa hal. 2)
5)
Siswa menjawab pertanyaan tentang manfaat
perubahan energi.
6)
Siswa saling menukarkan jawaban dengan
teman semeja, kemudian saling memberi masukan.
7)
Siswa menyimak penjelasan guru tentang
cara mengghitung banyaknya daya listrik yang digunakan dirumah.
8)
Siswa menngetahui strategi menghitung
pada operasi penjumlahan. Pengurangan dan perkalian.
9)
Siswa mengerjakan soal-soal latihan
hitung campur, siswa mampu mengaplikasikan konsep persamaan ekspresi kalimat
matematika dalam operasi hitung penjumlahan, pengurangan, dan perkalian
secara benar (Buku Siswa hal. 3).
10) Siswa
mampu menyajikan dan menerangkan teks arahan/petunjuk tentang cara penggunaan
benda-benda elektronik dengan benar dalam bentuk buklet (langkah-langkah di
Buku Siswa hal. 5).
|
150
menit
|
Penutup
|
1) Siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil
belajar selama sehari dengan bimbingan guru.
2) Siswa
bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil
ketercapaian materi).
3) Guru
melakukan penilaian hasil belajar dan memngumpulkan pekerjaan siswa sebagai
bahan portofolio.
4) Siswa
berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan
pembelajaran).
5) Siswa diminta untuk belajar permainan tradisional
sederhana dengan bimbingan orang tua.
|
15
menit
|
H.
SUMBER
DAN MEDIA
·
Benda-benda elektronik
·
Buklet tentang hemat energi
I.
PENILAIAN
1.
Prosedur
Penilaian
a.
Penilain
Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan
pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.
Penilaian
Hasil Belajar
Menggunakan
instrumen penilaian unjuk kerja (membuat buklet)
2.
Instrumen
Penilaian
a.
Unjuk
Kerja (membuat buklet)
Kriteria
|
Bagus
Sekali
|
Bagus
|
Cukup
|
Berlatih
Lagi
|
Tercantum
informasi tentang manfaat benda elektronik
|
Tercantum
4 informasi tentang benda elektronik
(4)
|
Tercantum
3 informasi tentang benda elektronik
(3)
|
Tercantum
2 informasi tentang benda elektronik
(2)
|
Tidak
tercantum informasi tentang benda elektronik
(1)
|
Tercantum
informasi tentang sumber energi yang digunakan dan bentuk perubahan energi
|
Tercantuminformasi
tentang sumber dan perubahan bentuk energi
(4)
|
Hanya
mencantumkan perubahan bentuk energi
(3)
|
Hanya
mencantumkan sumber energi
(2)
|
Tidak
mencantumkan keduanya
(1)
|
Tercantum
informasi tentang cara aman penggunaan benda elektronik
|
Tercantum
3 cara aman penggunaan benda elektronik
(4)
|
Tercantum
2 informasi cara aman penggunaan benda elektronik
(3)
|
Tercantum
1 informasi cara aman penggunaan benda elektronik
(2)
|
Tidak
mencantumkan informasi cara aman penggunaan benda elektronik
(1)
|
Tercantum
informasi tentang cara perawatan benda sehingga akan tahan lama
|
Tercantum
informasi cara perawatan benda sehingga tahan lama
(4)
|
Tercantum
2 informasi tentang cara perawatan benda sehingga tahan lama
(3)
|
Tercantum
1 informasi tentang cara perawatan benda sehingga tahan lama
(2)
|
Tidak
tercantum informasi tentang cara perawatan benda sehingga tahan lama
(1)
|
Lampiran1:
Tes lisan :
1. Mengapa
lampu itu bisa menyala dan padam ?
2. Apa
fungsi saklar lampu di dinding tersebut ?
3. Saat
lampu dimatikan, saklar berubah posisi, mengapa demikian ?
4. Demikian
pula saat lampu dinyalakan, saklar berubah posisi, mengapa demikian ?
5. Selain
karena saklar yang berubah posisi, adakah hal lain yang menyebabkan lampu itu
terus menyala ?
Lampiran 2 : Gambar contoh leaflet dan booklet
Tidak ada komentar:
Posting Komentar