LK 3.3
|
LK 5.2
|
PENGISIAN BUKU RAPOR SD
Tujuan : Peserta diklat mampu membuat laporan pencapaiah hasil belajar
(rapor) peserta didik.
Petunjuk:
- Kerjakan
dalam kelompok yang beranggotakan 3-5 orang.
- Petunjuk
Latihan 1 dan 2:
a.
Amati rekap nilai sikap masing-masing
anak.
b.
Buatlah
deskripsipada hal-hal yang
menonjol atau perlu usaha pengembangan, berdasarkan rekap nilai ke dalam rapor.
- Petunjuk
Latihan 3:
a.
Pahami cara melakukan pemetaan pada tema
dan subtema.
b.
Isilah format sesuai dengan pemetaan di
buku guru.
c.
Untuk berlatih gunakan salah satu muatan
mapel, mulai dari pemetaan, memberi nilai, sampai membuat rerata nilai.
d.
Kolom KD diisi oleh semua nomor KD pengetahuan dan nomor KD
keterampilan.
e.
Kolom ST diisi oleh nomor KD pengetahuan atau keterampilan yang sesuai.
f.
Buatlah
deskripsi pada hal-hal yang
menonjol atau perlu usaha pengembangan, berdasarkan rekap nilai ke dalam rapor
- Perwakilan
kelompok mempresentasikan hasilnya dan ditanggapi oleh kelompok lain.
- Refleksi
kegiatan.
LATIHAN 1
DATA REKAP
NILAI SIKAP SPIRITUAL*)
NO
|
NAMA SISWA
|
ASPEK YANG DINILAI / DIAMATI
|
|||||||||||||||||||
Berdoa sebelum memulai aktivitas
|
Khusuk dalam berdoa
|
Khusuk dalam Beribadah
|
Beribadah tepat waktu
|
Perilaku
Bersyukur
|
|||||||||||||||||
1
|
SITI
|
4
|
4
|
4
|
4
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
4
|
3
|
4
|
2
|
2
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
2
|
UDIN
|
2
|
2
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
4
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
4
|
4
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
DAYU
|
3
|
3
|
3
|
3
|
4
|
3
|
3
|
4
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
2
|
3
|
2
|
*) Rekap
nilai sikap spiritual merupakan rekap dari 4 atau 5 tema pada
masing-masing aspek yang diakumulasi selama 1 semester. Penentuan nilai
berdasarkan rubrik
NILAI RAPOR SIKAP SPIRITUAL : SITI
ASPEK YANG DINILAI
|
DESKRIPSI
|
Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
|
|
LATIHAN 2
DATA REKAP
NILAI SIKAP SOSIAL**)
NO
|
NAMA SISWA
|
ASPEK YANG DINILAI / DIAMATI
|
|||||||||||||||||||||||||||
Tanggung jawab
|
Jujur
|
Peduli
|
Kerjasama
|
Santun
|
Percaya
diri
|
Disiplin
|
|||||||||||||||||||||||
1
|
SITI
|
3
|
2
|
2
|
3
|
3
|
3
|
3
|
4
|
3
|
3
|
3
|
4
|
3
|
3
|
4
|
4
|
3
|
3
|
3
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
2
|
UDIN
|
2
|
2
|
3
|
2
|
3
|
3
|
3
|
4
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
4
|
3
|
4
|
4
|
3
|
3
|
4
|
3
|
2
|
2
|
2
|
3
|
3
|
DAYU
|
3
|
3
|
3
|
3
|
4
|
3
|
3
|
4
|
2
|
2
|
2
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
3
|
4
|
3
|
4
|
**) Rekap
nilai sikap sosial merupakan rekap dari 4 atau 5 tema pada
masing-masing aspek yang diakumulasi selama 1 semester. Penentuan nilai
berdasarkan rubrik
NILAI RAPOR SIKAP SOSIAL : SITI
ASPEK YANG DINILAI
|
DESKRIPSI
|
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,
peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan
tetangganya
|
|
LATIHAN 3
PEMETAAN
KD PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN PADA TEMA KELAS II / KELAS V
KD
|
TEMA 1
|
RT1
|
KD
|
TEMA 2
|
RT 2
|
KD
|
TEMA 3
|
RT 3
|
KD
|
TEMA 4
|
RT 4
|
KD
|
TEMA 5
|
RT 5
|
|||||||||||||||
ST 1
|
ST 2
|
ST 3
|
ST 4
|
ST 1
|
ST 2
|
ST 3
|
ST 4
|
ST 1
|
ST 2
|
ST 3
|
ST 4
|
ST 1
|
ST 2
|
ST 3
|
ST 4
|
ST 1
|
ST 2
|
ST 3
|
ST 4
|
||||||||||
BAHASA INDONESIA
|
|
BAHASA INDONESIA
|
|
BAHASA INDONESIA
|
|
BAHASA INDONESIA
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||||||||
3.1
|
-
|
80
|
80
|
80
|
80
|
3.1
|
|
|
|
|
70
|
|
|
|
|
|
75
|
|
|
|
|
|
90
|
|
|
|
|
|
|
3.2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.3
|
80
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.5
|
75
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
PPKn
|
|
PPKn
|
|
PPKn
|
|
PPKn
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
NAMA SISWA : SITI KELAS II SEMESTER 1
DATA REKAP NILAI PENGETAHUAN DATA
REKAP NILAI KETERAMPILAN
KD MUATAN MAPEL
|
TEMA 1
|
TEMA 2
|
TEMA 3
|
TEMA 4
|
TEMA
5
|
NILAI
RATA-RATA
|
|
KD MUATAN MAPEL
|
TEMA 1
|
TEMA 2
|
TEMA 3
|
TEMA 4
|
TEMA 5
|
NILAI
RATA-RATA
|
|
Bahasa Indonesia
|
|
|
Bahasa Indonesia
|
||||||||||||
3.1
|
80
|
70
|
75
|
90
|
|
87
|
4.1
|
|
|
|
|
|
|
||
3.2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
PPKn
|
|
|
PPKn
|
||||||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
Matematika
|
Matematika
|
|||||||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
Catatan: Rekap nilai
pengetahuan diperoleh dari hasil rata-rata dari nilai tes (ulangan, UTS dan
UAS) serta penugasan.
Rekap nilai keterampilan diperoleh dari hasil
rata-rata dari nilai praktik/unjuk kerja, proyek dan portofolio
NILAI
PENGETAHUAN NILAI
KETERAMPILAN
KD MUATAN MAPEL
|
RATARATA TEMA
|
UTS
|
UAS
|
NILAI RATA
RATA
|
KETERA NGAN
|
|
KD MUATAN MAPEL
|
RATA RATA TEMA
|
UTS
|
UAS
|
NILAI RATA
RATA
|
KETERA NGAN
|
|||
Bahasa Indonesia
|
|
||||||||||||||
3.1
|
87
|
80
|
75
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
PPKn
|
|
||||||||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
Matematika
|
|||||||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
REDAKSI KD SESUAI PERMENDIKBUD NO 67/2013:
1.
KD….. : ……………………………………………………………………..
2.
KD …. : ……………………………………………………………………..
NILAI RAPOR PENGETAHUAN: SITI
Kompetensi yang
dinilai
|
Deskripsi
|
Mengingat dan memahami pengetahuan
faktual dan konseptual berdasarkan rasa ingin tahu tentang:
·
dirinya,
·
makhluk ciptaan
Tuhan dan kegiatannya
·
benda-benda lain di
sekitarnya
|
SUDAH MAHIR MEMBEDAKAN BERBAGAI BENTUK ENERGI
MELALUI PENGAMATAN DAN MENDESKRIPSIKAN PEMANFAATAANYA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI,
PERLU BIMBINGAN MEMAHAMI SIFAT-SIFAT CAHAYA MELAUI PENGAMATAN DAN
MENDESKRIPSIKAN PENERAPANNYA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI.
|
NILAI RAPOR KETERAMPILAN : SITI
Kompetensi yang dinilai
|
Deskripsi
|
Menyajikan kemampuan mengamati,menanya, dan mencoba dalam:
· bahasa yang jelas, logis dan sistematis
· karya yang estetis
· gerakan anak sehat
· tindakan anak beriman dan berakhlak mulia
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar