Sabtu, 30 September 2017

   RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
MATEMATIKA

 


Satuan Pendidikan      : SDN 6 Tulakan
Kelas / Semester        :  4 /1
Pelajaran                     : Operasi Bilangan Cacah
Sub Pelajaran             : Operasi Bilangan Cacah
Pertemuan                  : 1
Alokasi waktu              : 90 menit


A.   KOMPETENSI INTI
  1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
  1. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
  2. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.   KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR


Muatan: Matematika
Kompetensi Dasar
Indikator
3.3. Menjelaskan dan melakukan operasi bilangan cacah dan pembulatan bilangan cacah

3.3.1. Memahami arti dari operasi bilangan cacah dan pembulatan bilangan cacah
4.3. Menyelesaikan masalah operasi bilngan cacah dan pembulatan bilangan cacah

4.3.1. Mengidentifikasi masalah operasi bilngan cacah dan pembulatan bilangan cacah

C.   TUJUAN
  1. Siswa mampu memahami arti dari bilangan cacah
  2. Siswa mampu menjelaskan dari bilangan cacah
  3. Siswa mampu memahami operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian.
  4. Siswa mampu mengidentifikasi masalah operasi bilangan cacah
  5. Siswa mampu menyelesaikan masalah operasi bilangan cacah

D.   MATERI
  1. Operasi Bilangan Cacah

E.    PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan          : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Example Non Example
Metode                 : Pengamatan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Praktek

F.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
1.    Guru memberikan salam dan mengajak berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing,
2.    Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
3.    Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan
4.    Guru memberi motivasi dan kegiatan untuk menambah konsentrasi siswa
5.    Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
6.    Guru mengulas kembali materi yang disampaikan sebelumnya
7.    Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini

    10
    menit
Kegiatan
Inti
A.    Mengamati
  1. Siswa mengamati dan guru menjelaskan tentang operasi bilangan cacah
·   Menjelaskan pengertian bilangan cacah

B.    Menanya
1.    Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang materi yang disampaikan
2.    Siswa menanyakan penjelasan guru yang belum di pahami tentang operasi bilangan cacah
3.    Guru menjelasakan pertanyaan siswa

C.   Menalar
1.    Siswa mencoba berdiskusi dengan temannya tentang operasi bilangan cacah
2.    Guru menunjuk beberapa siswa untuk maju dan menjelaskan hasil diskusi tentang penjumlahn, pengurangan, perkalian, dan pembagian dengan bimbingan guru
3.    Guru memberikan pembenaran dan masukan apabila terdapat kesalahan atau kekurangan pada siswa
4.    Guru menyatakan bahwa siswa telah paham tentang operasi bilangan cacah

D.   Mencoba
1.    Guru memberikan beberapa soal latihan kepada siswa tentang operasi bilangan cacah.
·         145 + 14 = ….
·         357 – 125 = ….
2.    Guru meminta siswa untuk mengerjakan soal latihan tersebut secara individu
3.    Guru menunjuk beberapa siswa untuk menuliskan hasil pekerjaanya didepan kelas secara bergantian

Hasilnya;
E.    Mengkomunikasikan
  1. Siswa mempresentasikan secara lisan kepada teman-temanya tentang pembulatan suatu bilangan ke satuan terdekat
  2. Siswa menyampaikan manfaat belajar pembulatan suatu bilangan ke satuan terdekat yang dilakauan secara lisan di depan teman dan guru.

   65
    menit

Kegiatan
Penutup
1.    Guru memberikan penguatan materi dan kesimpulan dari operasi bilangan cacah
2.    Guru mengapresiasi hasil kerja siswa dan memberikan motivasi
3.    Guru menyampaikan pesan moral hari ini dengan bijak
4.    Salam dan do’a penutup.
    15
    menit


G.   SUMBER DAN  MEDIA
1.    Buku Pedoman Guru Tema 4  Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016).
2.    BSE KTSP
3.    Software Pengajaran  kelas 4 SD/MI dari JGC

H.   PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan praktek/unjuk kerja sesuai dengan rubrik penilaian sebagai berikut;
Butir soal;
  1. 36 + 23 = ….
  2.  45 – 34 = ….
  3. 97 x 4 = ….
  4.  443 x 12 = ….
  5. 20 : 5 = ….





Catatan Guru
1. Masalah                  :……….
2. Ide Baru                  :………..
3. Momen Spesial       :………….




Mengetahui
Kepala Sekolah,



........................................
NIP. .................................
Tulakan,    ...............
Guru Matematika Kelas 4  ,



......................................
NIP. .............................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar