RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
MATEMATIKA
Satuan Pendidikan : SDN 6 Tulakan
Kelas / Semester :
4 /1
Pelajaran : Operasi Bilangan Cacah
Sub Pelajaran :
Operasi Bilangan Cacah
Pertemuan : 1
Alokasi waktu :
90 menit
A. KOMPETENSI INTI
- Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama
yang dianutnya.
- Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan: Matematika
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
3.3. Menjelaskan dan melakukan operasi
bilangan cacah dan pembulatan bilangan cacah
|
3.3.1. Memahami arti dari operasi bilangan cacah dan
pembulatan bilangan cacah
|
4.3. Menyelesaikan
masalah operasi bilngan cacah dan pembulatan bilangan cacah
|
4.3.1. Mengidentifikasi masalah operasi bilngan cacah
dan pembulatan bilangan cacah
|
C. TUJUAN
- Siswa mampu memahami arti dari bilangan
cacah
- Siswa mampu menjelaskan dari bilangan cacah
- Siswa mampu memahami operasi penjumlahan,
pengurangan, perkalian, pembagian.
- Siswa mampu mengidentifikasi masalah operasi bilangan cacah
- Siswa mampu menyelesaikan masalah operasi bilangan cacah
D. MATERI
- Operasi Bilangan Cacah
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Pengamatan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Praktek
F. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
1. Guru memberikan salam dan mengajak berdoa menurut agama dan keyakinan
masing-masing,
2. Melakukan komunikasi tentang
kehadiran siswa.
3. Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan
4. Guru memberi motivasi dan kegiatan untuk menambah konsentrasi siswa
5. Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan
pembelajaran serta menyapa anak.
6. Guru mengulas kembali materi yang disampaikan sebelumnya
7. Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini
|
10
menit
|
Kegiatan
Inti
|
A. Mengamati
·
Menjelaskan
pengertian bilangan cacah
B. Menanya
1.
Guru
memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang materi yang
disampaikan
2.
Siswa
menanyakan penjelasan guru yang belum di pahami tentang operasi bilangan
cacah
3.
Guru
menjelasakan pertanyaan siswa
C. Menalar
1.
Siswa
mencoba berdiskusi dengan temannya tentang operasi bilangan cacah
2. Guru menunjuk beberapa siswa untuk maju dan menjelaskan
hasil diskusi tentang penjumlahn, pengurangan, perkalian, dan pembagian
dengan bimbingan guru
3. Guru memberikan pembenaran dan masukan apabila terdapat
kesalahan atau kekurangan pada siswa
4. Guru menyatakan bahwa siswa telah paham tentang operasi
bilangan cacah
D. Mencoba
1.
Guru
memberikan beberapa soal latihan kepada siswa tentang operasi bilangan cacah.
·
145 + 14 = ….
·
357 – 125 = ….
2.
Guru meminta siswa untuk
mengerjakan soal latihan tersebut secara individu
3.
Guru menunjuk beberapa siswa
untuk menuliskan hasil pekerjaanya didepan kelas secara bergantian
Hasilnya;
E. Mengkomunikasikan
|
65
menit
|
|
||
Kegiatan
Penutup
|
1. Guru memberikan penguatan materi dan kesimpulan dari operasi
bilangan cacah
2. Guru mengapresiasi hasil kerja siswa dan memberikan
motivasi
3. Guru menyampaikan pesan moral hari ini dengan bijak
4. Salam dan do’a penutup.
|
15
menit
|
G. SUMBER DAN MEDIA
1. Buku Pedoman Guru Tema 4
Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum
2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016).
2. BSE KTSP
3. Software Pengajaran
kelas 4 SD/MI dari JGC
H. PENILAIAN
Penilaian terhadap proses
dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian
kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan
laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian
terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan praktek/unjuk
kerja sesuai dengan rubrik penilaian sebagai berikut;
Butir soal;
- 36 +
23 = ….
- 45 – 34 = ….
- 97 x
4 = ….
- 443 x 12 = ….
- 20 :
5 = ….
Catatan Guru
1. Masalah :……….
2. Ide Baru :………..
3. Momen Spesial :………….
Mengetahui
Kepala Sekolah,
........................................
NIP. .................................
|
Tulakan, ...............
Guru Matematika Kelas 4 ,
......................................
NIP. .............................................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar