Kamis, 27 Juli 2017

Kisi - kisi bahasa jawa

KISI-KISI SOAL PRA UJIAN SEKOLAH
TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Jenis Sekolah                     : Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran                   : Bahasa Jawa
Alokasi Waktu                  : 90 Menit
Jumlah Soal                       : 50 Butir
Bentuk Soal                       : Pilihan Ganda
NO.
STANDAR KOMPETENSI
LULUSAN
KEMAMPUAN YANG DIUKUR
INDIKATOR
NO. SOAL
1.
































Menggunakan berbagai keterampilan membaca untuk memahami teks sastra maupun nonsastra dalam berbagai ragam bahasa berupa teks bacaan, pidato, cerita rakyat, percakapan, geguritan, cerita anak, cerita wayang, dan huruf Jawa.
























Menentukan unsur intrinsik cerita anak
Disajikan penggalan cerita wayang, peserta didik dapat menentukan :

·      Topik cerita tersebut
1
·      Watak salah satu tokoh
2
·      Makna kata tertentu
3
·      Amanat cerita tersebut
4
Menentukan isi teks nonsastra
Disajikan satu paragraf teks nonsastra, peserta didik dapat menentukan:

·      Jawaban yang berkaitan dengan pertanyaan tentang apa
5
·      Jawaban yang berkaitan dengan pertanyaan mengapa
6
·      Jawaban yang berkaitan dengan pertanyaan bagaimana
7
·      Pernyataan yang sesuai dengan isi teks tersebut.
8
Mentransliterasi (mengalihaksarakan) huruf Jawa ber sandhangan Panyigeg ke huruf Latin
·      Disajikan kalimat berhuruf Jawa yang menggunakan kata-kata yang berakhir dengan konsonan h, ng dan r, peserta didik dapat menentukan transliterasi latin yang paling tepat.

9
Menentukan unsur intrinsik Cerita rakyat/dongeng daerah setempat
Disajikan penggalan cerita rakyat/ dongeng, peserta didik dapat menentukan :

·      Topik/ Judul
10
·      Latar tempat cerita
11
·      Watak tokoh
12
·      Amanat cerita
13

Mentransliterasi (mengalihaksarakan) huruf Jawa ber sandhangan swara ke huruf Latin
Disajikan kalimat berhuruf Jawa yang menggunakan kata-kata berfonem e, i, o, atau u, peserta didik dapat menentukan transliterasi latinnya yang paling tepat.

14
Menunjukkan bagian pidato
Disajikan bagian tertentu dari sebuah teks pidato, peserta didik dapat :

·      Menunjukkan nama bagian pidato tersebut
15
·      Menentukan topik
16
Menentukan unsur-unsur percakapan (dialog)
Disajikan teks percakapan, peserta didik dapat menentukan :

·      Isi percakapan
17
·      Amanat percakapan
18
·      Latar waktu
19
Menentukan isi geguritan


Disajikan sebait teks geguritan, peserta didik dapat menentukan :

·      Makna kata tertentu
20
·      Antonim kata tertentu
21
·      Amanat geguritan
22
Mentransliterasi (mengalihaksarakan) huruf Jawa yang menggunakan pasangan
·      Disajikan kalimat berhuruf Jawa yang menggunakan pasangan sederhana, peserta didik dapat menentukan transliterasi latinnya yang paling tepat.

23
Menentukan pesan dan makna salah satu kalimat dalam tembang Macapat (Pocung/Pangkur/Mijil/Kinanti)
Disajikan sebuah tembang macapat, peserta didik dapat :

·      Menentukan makna salah satu kata yang ada tembang dalam tersebut.
24
·      Menentukan pesan tembang macapat tersebut.
25
Cerita wayang
·      Disajikan gambar wayang punakawan yang diacak, peserta didik dapat menentukan urutan kekerabatan yang benar
26
·      Disajikan gambar wayang salah satu tokoh Pandhawa, peserta didik dapat menentukan nama tokoh yang dimaksud.
27
·      Disajikan gambar wayang salah satu tokoh Pandhawa, peserta dapat menentukan urutan kekerabatan dengan tepat.
      
       28




2.
Melakukan berbagai keterampilan menulis baik sastra maupun nonsastra dalam berbagai ragam bahasa untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi berupa karangan sederhana, surat, dialog, laporan, ringkasan, parafrase,
 geguritan, dan huruf Jawa.
Melengkapi kalimat rumpang
·      Disajikan kalimat rumpang (ragam Ngoko Lugu), peserta didik dapat menentukan kata yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut.

29
·      Disajikan kalimat rumpang (ragam Krama), peserta didik dapat menentukan kata yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut.

30
Melengkapi paragraf rumpang
·      Disajikan paragraf rumpang dalam ragam Ngoko Alus, peserta didik dapat menentukan kalimat untuk melengkapi paragraf tersebut.

31
Melengkapi percakapan/dialog sesuai unggah ungguh
Disajikan teks dialog antara anak dan orang tua yang belum lengkap, peserta didik dapat menentukan :

·      Kata yang tepat (sesuai dengan unggah-ungguh) untuk melengkapinya.

32
·      Kalimat yang tepat untuk melengkapi dialog tersebut sesuai dengan unggah-ungguh.

33
Menentukan karangan sederhana
·      Disajikan empat kalimat yang disusun secara acak, peserta didik dapat menentukan urutan kalimat yang tepat sehingga menjadi paragraf yang padu.

34
·      Disajikan gambar tunggal, peserta didik dapat menentukan paragraf yang isinya sesuai dengan gambar.

35
Menulis surat
·      Disajikan teks surat pribadi (antarsesama teman) yang belum lengkap, peserta didik dapat menentukan kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian surat tersebut.

36
·      Peserta didik dapat menentukan dengan  tepat kalimat penutup surat kepada orang yang lebih tua dari empat kalimat yang tersedia.

37
Menyusun laporan
·      Disajikan data hasil pengamatan tentang urutan membuat sesuatu secara acak, peserta didik dapat menentukan urutan proses pembuatan barang tersebut dengan tepat.

38
·      Disajikan data hasil pengamatan tentang peristiwa yang belum lengkap, peserta didik dapat menentukan kelengkapan urutan data tersebut.

39


Menulis kalimat berhuruf  Jawa yang ber sandangan swara.
·      Disajikan kalimat berhuruf latin yang menggunakan fonem e, i, o, dan u, peserta didik dapat menentukan penulisan kalimat berhuruf Jawa yang benar

40
Menulis kalimat berhuruf  Jawa yang ber sandangan Panyigeg
·      Disajikan kalimat berhuruf latin yang menggunakan kata-kata yang berakhir dengan kosonan h, ng, dan r, peserta didik dapat menentukan penulisan kalimat berhuruf Jawa yang benar.

41
Menulis kalimat berhuruf Jawa menggunakan pasangan
·      Disajikan kalimat tunggal yang menggunakan kata-kata yang berakhir dengan konsonan, peserta didik dapat menentukan penulisan kalimat berhuruf Jawa yang tepat.

42
Menyusun ringkasan
·      Disajikan sebuah paragraf dengan ragam ngoko, peserta didik dapat menentukan ringkasan yang paling tepat.

43
Menyusun parafrase
Disajikan sebait geguritan, peserta didik dapat menentukan parafrase yang tepat

44
Menyusun kalimat
·      Disajikan gambar peristiwa, peserta didik dapat menentukan kalimat yang sesuai dengan gambar

45
·      Disajikan kalimat tanya dalam ragam Krama Alus yang belum lengkap, peserta didik dapat menentukan kata tanya yang tepat.
46
·      Disajikan kalimat belum lengkap, peserta didik dapat melengkapi dengan kata berimbuhan yang tepat.
47
Unggah ungguh Basa
·      Disajikan sebuah kalimat yang mengandung kesalahan pilihan kata, peserta didik dapat menentukan kata yang tepat sesuai unggah ungguh.

48
·      Disajikan sebuah kalimat yang tidak sesuai dengan unggah ungguh, peserta didik dapat menentukan kalimat yang tepat sesuai unggah ungguh.

49
·      Disajikan kalimat dalam ragam Ngoko Alus, peserta didik dapat menentukan kalimat dalam ragam Krama Alus yang tepat.  

50


Tidak ada komentar:

Posting Komentar