KISI-KISI SOAL PRA
UJIAN SEKOLAH
TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Jenis Sekolah : Sekolah Dasar/Madrasah
Ibtidaiyah
Mata Pelajaran : Bahasa Jawa
Alokasi Waktu : 90 Menit
Jumlah Soal : 50 Butir
Bentuk Soal :
Pilihan Ganda
NO.
|
STANDAR
KOMPETENSI
LULUSAN
|
KEMAMPUAN
YANG DIUKUR
|
INDIKATOR
|
NO. SOAL
|
1.
|
Menggunakan
berbagai keterampilan membaca untuk memahami teks sastra maupun nonsastra
dalam berbagai ragam bahasa berupa teks bacaan, pidato, cerita rakyat,
percakapan, geguritan, cerita anak, cerita wayang, dan huruf Jawa.
|
Menentukan
unsur intrinsik cerita anak
|
Disajikan
penggalan cerita wayang, peserta didik dapat menentukan :
|
|
· Topik cerita tersebut
|
1
|
|||
· Watak salah satu tokoh
|
2
|
|||
· Makna kata tertentu
|
3
|
|||
· Amanat cerita tersebut
|
4
|
|||
Menentukan
isi teks nonsastra
|
Disajikan
satu paragraf teks nonsastra, peserta didik dapat menentukan:
|
|
||
· Jawaban yang berkaitan dengan pertanyaan tentang apa
|
5
|
|||
· Jawaban yang berkaitan dengan pertanyaan mengapa
|
6
|
|||
· Jawaban yang berkaitan dengan pertanyaan bagaimana
|
7
|
|||
· Pernyataan yang sesuai dengan isi teks tersebut.
|
8
|
|||
Mentransliterasi
(mengalihaksarakan) huruf Jawa ber sandhangan Panyigeg ke
huruf Latin
|
· Disajikan kalimat berhuruf Jawa yang menggunakan kata-kata yang
berakhir dengan konsonan h, ng dan r, peserta didik dapat menentukan
transliterasi latin yang paling tepat.
|
9
|
||
Menentukan
unsur intrinsik Cerita rakyat/dongeng daerah setempat
|
Disajikan
penggalan cerita rakyat/ dongeng, peserta didik dapat menentukan :
|
|
||
· Topik/ Judul
|
10
|
|||
· Latar tempat cerita
|
11
|
|||
· Watak tokoh
|
12
|
|||
· Amanat cerita
|
13
|
|||
Mentransliterasi
(mengalihaksarakan) huruf Jawa ber sandhangan swara ke
huruf Latin
|
Disajikan
kalimat berhuruf Jawa yang menggunakan kata-kata berfonem e, i, o, atau u,
peserta didik dapat menentukan transliterasi latinnya yang paling tepat.
|
14
|
||
Menunjukkan bagian pidato
|
Disajikan
bagian tertentu dari sebuah teks pidato, peserta didik dapat :
|
|
||
· Menunjukkan nama bagian pidato tersebut
|
15
|
|||
· Menentukan topik
|
16
|
|||
Menentukan
unsur-unsur percakapan (dialog)
|
Disajikan
teks percakapan, peserta didik dapat menentukan :
|
|
||
· Isi percakapan
|
17
|
|||
· Amanat percakapan
|
18
|
|||
· Latar waktu
|
19
|
|||
Menentukan
isi geguritan
|
Disajikan
sebait teks geguritan, peserta didik dapat menentukan :
|
|
||
· Makna kata tertentu
|
20
|
|||
· Antonim kata tertentu
|
21
|
|||
· Amanat geguritan
|
22
|
|||
Mentransliterasi
(mengalihaksarakan) huruf Jawa yang menggunakan pasangan
|
· Disajikan kalimat berhuruf Jawa yang menggunakan pasangan
sederhana, peserta didik dapat menentukan transliterasi latinnya yang paling
tepat.
|
23
|
||
Menentukan
pesan dan makna salah satu kalimat dalam tembang Macapat
(Pocung/Pangkur/Mijil/Kinanti)
|
Disajikan
sebuah tembang macapat, peserta didik dapat :
|
|
||
· Menentukan makna salah satu kata yang ada tembang dalam tersebut.
|
24
|
|||
· Menentukan pesan tembang macapat tersebut.
|
25
|
|||
Cerita wayang
|
· Disajikan gambar wayang punakawan yang diacak, peserta didik
dapat menentukan urutan kekerabatan yang benar
|
26
|
||
· Disajikan gambar wayang salah satu tokoh Pandhawa, peserta didik
dapat menentukan nama tokoh yang dimaksud.
|
27
|
|||
· Disajikan gambar wayang salah satu tokoh Pandhawa, peserta dapat
menentukan urutan kekerabatan dengan tepat.
|
28
|
|||
2.
|
Melakukan
berbagai keterampilan menulis baik sastra maupun nonsastra dalam berbagai
ragam bahasa untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi berupa
karangan sederhana, surat, dialog, laporan, ringkasan, parafrase,
geguritan, dan huruf Jawa.
|
Melengkapi
kalimat rumpang
|
· Disajikan kalimat rumpang (ragam Ngoko Lugu), peserta didik dapat
menentukan kata yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut.
|
29
|
· Disajikan kalimat rumpang (ragam Krama), peserta didik dapat
menentukan kata yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut.
|
30
|
|||
Melengkapi
paragraf rumpang
|
· Disajikan paragraf rumpang dalam ragam Ngoko Alus, peserta didik
dapat menentukan kalimat untuk melengkapi paragraf tersebut.
|
31
|
||
Melengkapi
percakapan/dialog sesuai unggah ungguh
|
Disajikan
teks dialog antara anak dan orang tua yang belum lengkap, peserta didik dapat
menentukan :
|
|
||
· Kata yang tepat (sesuai dengan unggah-ungguh) untuk
melengkapinya.
|
32
|
|||
· Kalimat yang tepat untuk melengkapi dialog tersebut sesuai dengan
unggah-ungguh.
|
33
|
|||
Menentukan
karangan sederhana
|
· Disajikan empat kalimat yang disusun secara acak, peserta didik
dapat menentukan urutan kalimat yang tepat sehingga menjadi paragraf yang
padu.
|
34
|
||
· Disajikan gambar tunggal, peserta didik dapat menentukan paragraf
yang isinya sesuai dengan gambar.
|
35
|
|||
Menulis surat
|
· Disajikan teks surat pribadi (antarsesama teman) yang belum
lengkap, peserta didik dapat menentukan kalimat yang tepat untuk melengkapi
bagian surat tersebut.
|
36
|
||
· Peserta didik dapat menentukan dengan tepat kalimat penutup surat kepada orang
yang lebih tua dari empat kalimat yang tersedia.
|
37
|
|||
Menyusun
laporan
|
· Disajikan data hasil pengamatan tentang urutan membuat sesuatu
secara acak, peserta didik dapat menentukan urutan proses pembuatan barang
tersebut dengan tepat.
|
38
|
||
· Disajikan data hasil pengamatan tentang peristiwa yang belum
lengkap, peserta didik dapat menentukan kelengkapan urutan data tersebut.
|
39
|
|||
|
|
Menulis
kalimat berhuruf Jawa yang ber sandangan
swara.
|
· Disajikan kalimat berhuruf latin yang menggunakan fonem e, i, o,
dan u, peserta didik dapat menentukan penulisan kalimat berhuruf Jawa yang
benar
|
40
|
Menulis
kalimat berhuruf Jawa yang ber sandangan
Panyigeg
|
· Disajikan kalimat berhuruf latin yang menggunakan kata-kata yang
berakhir dengan kosonan h, ng, dan r, peserta didik dapat menentukan
penulisan kalimat berhuruf Jawa yang benar.
|
41
|
||
Menulis
kalimat berhuruf Jawa menggunakan pasangan
|
· Disajikan kalimat tunggal yang menggunakan kata-kata yang
berakhir dengan konsonan, peserta didik dapat menentukan penulisan kalimat berhuruf
Jawa yang tepat.
|
42
|
||
Menyusun
ringkasan
|
· Disajikan sebuah paragraf dengan ragam ngoko, peserta didik dapat
menentukan ringkasan yang paling tepat.
|
43
|
||
Menyusun
parafrase
|
Disajikan
sebait geguritan, peserta didik dapat menentukan parafrase yang tepat
|
44
|
||
Menyusun
kalimat
|
· Disajikan gambar peristiwa, peserta didik dapat menentukan
kalimat yang sesuai dengan gambar
|
45
|
||
· Disajikan kalimat tanya dalam ragam Krama Alus yang belum
lengkap, peserta didik dapat menentukan kata tanya yang tepat.
|
46
|
|||
· Disajikan kalimat belum lengkap, peserta didik dapat melengkapi
dengan kata berimbuhan yang tepat.
|
47
|
|||
Unggah ungguh
Basa
|
· Disajikan sebuah kalimat yang mengandung kesalahan pilihan kata,
peserta didik dapat menentukan kata yang tepat sesuai unggah ungguh.
|
48
|
||
· Disajikan sebuah kalimat yang tidak sesuai dengan unggah ungguh,
peserta didik dapat menentukan kalimat yang tepat sesuai unggah ungguh.
|
49
|
|||
· Disajikan kalimat dalam ragam Ngoko Alus, peserta didik dapat
menentukan kalimat dalam ragam Krama Alus yang tepat.
|
50
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar