KISI-KISI
SOALUJIAN SEKOLAH SD/MI
TAHUN
PELAJARAN 2016/2017
MATA
PELAJARAN PENDIDIKAN
KEWARGANEGARAAN (PKn)
DINAS PENDIDIKAN, PEMUDA, DAN OLAHRAGA
KABUPATEN JEPARA
TAHUN 2017
NO
|
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
|
KEMAMPUAN YANG DIUKUR
|
INDIKATOR
|
NO. SOAL
|
1.
|
Menerapkanhiduprukundalamperbedaan.
|
Meningkatkan rasa persatuandankesatuanbangsa.
|
Pesertadidikdapatmenentukanarti
pentingnya persatuan dan kesatuan bagi pembangunan bangsa.
|
1
|
Pesertadidikdapatmenentukanmaknadari Bhineka Tunggal Ika.
|
2
|
|||
Disajikanbeberapapernyataan, pesertadidikdapatmenentukancontoh
perilakumenjaga
persatuan dan kesatuanbangsa.
|
3
|
|||
Disajikanilustrasi, pesertadidikdapatmenentukancontoh
perilaku menghormatikeragamanbudaya
daerah.
|
4
|
|||
Menghormatiperbedaandalamkehidupanberagama.
|
Disajikanilustrasi, pesertadidikdapatmenentukancontohsikaptoleransi
dalam beragama.
|
5
|
||
Disajikanurutan, pesertadidikdapatmenentukancontoh
perilakumenghargai orang lain dalampergaulan di sekolah.
|
6
|
|||
Pesertadidikdapatmenentukancontoh
perilakumenghargai
orang lain dalampergaulan
di masysrakat.
|
7
|
|||
2.
|
Memahamidanmenerapkanhiduprukun di rumahdan di
sekolah.
|
Menerapkanhiduprukun di rumahdan di sekolah.
|
Disajikanilustrasi, pesertadidikdapatmenentukancontoh
perilaku hidup rukun di rumah.
|
8
|
Disajikanbeberapapernyataan,pesertadidikdapatmenentukancontoh
perilaku hidup rukun di sekolah.
|
9
|
|||
3.
|
Memahamikewajibansebagaiwargadalamkeluargadansekolah.
|
Melaksanakankewajibansebagaianggotakeluarga.
|
Pesertadidikdapatmenentukansalahsatukewajiban
anak di rumah.
|
10
|
Pesertadidikdapatmenentukansalahsatucaramenerapkanperilaku
disiplin
di rumah.
|
11
|
|||
Melaksanakankewajibansebagaisiswa di
lingkungansekolah.
|
Pesertadidikdapatmenentukansalahsatukewajiban
siswa di sekolah.
|
12
|
||
Pesertadidikdapatmenentukansalahsatucontoh
perilakumenaati tata
tertib di lingkungan sekolah.
|
13
|
|||
4.
|
Memahamihiduptertibdangotongroyong.
|
Mentaatiperaturan yang berlaku di masyarakat.
|
Pesertadidikdapatmenentukansalahsatutujuandibentuknyaperaturan
di masyarakat.
|
14
|
Pesertadidikdapatmenentukansumber
darisalahsatunorma
di masyarakat.
|
15
|
|||
Pesertadidikdapatmenentukansanksi yang diterima,
jika
melanggar salahsatunorma yang berlaku di masyarakat.
|
16
|
|||
Membiasakanhidupbekerjasama.
|
Pesertadidikdapatmenentukansalahsatumanfaat
kerjasama.
|
17
|
||
Disajikangambar, pesertadidikdapatmenentukansalahsatucontoh
hidup gotong
royong di sekolah.
|
18
|
|||
5.
|
Menampilkansikapcintalingkungandandemokratis.
|
Memilikisikapcintaterhadaplingkungan.
|
Pesertadidikdapatmenentukansalahsatucontoh
perilakumenjaga
kelestarian lingkungan.
|
19
|
Pesertadidikdapatmenentukansalahsatuakibat
tidak menjaga kelestataran lingkungan.
|
20
|
|||
Menerapkansikapdemokratisdalamkehidupansehari-hari.
|
Pesertadidikdapatmenentukansalahsatusikapdemokratis
dalamkegiatanmusyawarahdi
masyarakat.
|
21
|
||
Pesertadidikdapatmenentukansalahsatucontoh
perilakudemokratis
di lingkungan sekolah.
|
22
|
|||
6.
|
Menampilkanperilakujujur, disiplin, senangbekerja,
serta anti korupsidalamkehidupansehari-hari, sesuaidenganPancasila.
|
Menerapkansikapjujur, disiplin, senangbekerja, serta
anti korupsidalamkehidupansehari-hari.
|
Pesertadidikdapatmenentukansalahsatumanfaatberperilakujujur
dalamkehidupansehari-hari.
|
23
|
Pesertadidikdapatmenentukansalahsatucontoh
perilaku bekerja
kerassebagaipelajar.
|
24
|
|||
Disajikanbeberapacontohperilaku, pesertadidikdapatmenentukancontoh
perilaku disiplin
di rumah.
|
25
|
|||
Pesertadidikdapatmenentukansalahsatuakibat
dari perbuatan korupsi.
|
26
|
|||
7.
|
Memahami system
pemerintahanbaikdalamtingkatdaerahmaupunpusat.
|
Memahamisitempemerintahandaerah.
|
Disajikanbagansistempemrintah di desa, pesertadidikdapatmelengkapinya.
|
27
|
Pesertadidikdapatmenentukanpenyelenggarapemerintahan
di tingkatdaerah.
|
28
|
|||
Disajikandaftarurutan,pesertadidikdapatmenentukansecaratepaturutanperangkatdaerah.
|
29
|
|||
Memahamitugaspemerintahdaerah.
|
Disajikandaftarurutan, pesertadidikdapatmenentukansecaratepattugasDPRD.
|
30
|
||
Pesertadidikdapatmenentukansalahsatutugas
penegak hukum di daerah.
|
31
|
|||
Menjelaskancarapemilihandaerah.
|
Pesertadidikdapatmenentukansalahsatupersyaratan sebagai pemilih dalampemilukada.
|
32
|
||
Disajikanilustrasitugas panitia penyelenggara pemilukada, pesertadidikdapatmenentukannama
penyelenggara tersebut.
|
33
|
|||
Memahami system pemerintahanpusat.
|
Disajikantugasdanwewenanglembaganegara,pesertadidikdapatmenentukannamalembaganegaratersebut.
|
34
|
||
Mengenalorganisasipemerintahanpusat.
|
Pesertadidikdapatmenentukantugas
lembaga legislatifdalampenyelenggaraannegara.
|
35
|
||
Menerapkandemokrasidalamkehidupan.
|
Pesertadidikdapatmenentukansalahsatuasas
dalam pemilihanumum.
|
36
|
||
8
|
Memahamimaknakeutuhan Negara kesatuanRepublik
Indonesia, dengankepatuhanterhadapundang-undang, peraturan, kebiasaan,
adat-istiadat, danmenghargaikeputusanbersama
|
Menjelaskanmaknakeutuhan Negara KesatuanRepublik
Indonesia.
|
Pesertadidikdapatmenentukansalahsatucontoh
perilaku rela berkorban demi kepentingan negara.
|
37
|
Disajikanilustrasi, pesertadidikdapatmenentukanhasildaripelaksanaanKonggres
pemuda II.
|
38
|
|||
MemahamiPeraturanperundang-undangan yang berlaku di
Indonesia
|
Pesertadidikdapatmenentukanhukum
dasar tertulis yang menjadilandasankonstitusinalbangsaIndonesia.
|
39
|
||
Mengenalnilai-nilaibudayabangsa Indonesia
|
Pesertadidikdapatmenentukansalahsatunilai
luhur keberagamanbudaya bangsa yang harus dipertahankandalamkeberagaman.
|
40
|
||
9.
|
Memahamidanmenghargainilai-nilaikejuanganbangsa
|
Memahaminilai-nilaikebersamaandalam proses
perumusandasarnegara
|
Disajikandaftarurutanrumusandasarnegara, pesertadidikdapatmenentukangambartokoh
yang mengusulkannya.
|
41
|
Pesertadidikdapatmenentukanhasil rumusan
dasarnegaraolehPanitia
Sembilan.
|
42
|
|||
10.
|
Memahamihubungan Indonesia dengan Negara
tetanggadanpolitikluarnegeri.
|
Memahamihubungan Indonesia dengan Negara tetangga.
|
Disajikanurutan, pesertadidikdapatmenentukan latar
belakang berdirinya ASEAN.
|
43
|
Disajikanilustrasi,
pesertadidikdapatmenentukanjeniskerjasamaantarbangsa.
|
44
|
|||
Disajikanilustrasi, pesertadidikdapatmenentukansalahsatukerjasama
di bidangekonomidengannegara-negaratetangga.
|
45
|
|||
Pesertadidikdapatmenentukansalahsatukerjasama di bidangsosialbudayadengannegara-negaratetangga.
|
46
|
|||
Menjelaskanpolitikluarnegeri Indonesia.
|
Disajikanilustrasi, pesertadidikdapatmenentukanpengertiandaripelaksanaan
politik luar negeri Indonesia.
|
47
|
||
Disajikantabel, pesertadidikdapat menentukan namatokohpemrakarsaGerakan Non Blokdannegaraasalnya.
|
48
|
|||
Pesertadidikdapatmenentukancontohperanan politik luar negeri Indonesia di PBB.
|
49
|
|||
Pesertadidikdapatmenentukansalahsatuperanan PBB dalam perjuangan
bangsa Indonesia.
|
50
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar