Kamis, 27 Juli 2017

Kisi - kisi PKn



KISI-KISI SOALUJIAN SEKOLAH SD/MI
TAHUN PELAJARAN 2016/2017
MATA PELAJARAN  PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn)




DINAS PENDIDIKAN, PEMUDA, DAN OLAHRAGA
KABUPATEN JEPARA
TAHUN 2017

NO
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
KEMAMPUAN YANG DIUKUR
INDIKATOR
NO. SOAL
1.

Menerapkanhiduprukundalamperbedaan.
Meningkatkan rasa persatuandankesatuanbangsa.
Pesertadidikdapatmenentukanarti pentingnya persatuan dan kesatuan bagi pembangunan bangsa.
1
Pesertadidikdapatmenentukanmaknadari Bhineka Tunggal Ika.
2
Disajikanbeberapapernyataan, pesertadidikdapatmenentukancontoh perilakumenjaga persatuan dan kesatuanbangsa.
3
Disajikanilustrasi, pesertadidikdapatmenentukancontoh perilaku menghormatikeragamanbudaya daerah.
4
Menghormatiperbedaandalamkehidupanberagama.
Disajikanilustrasi, pesertadidikdapatmenentukancontohsikaptoleransi dalam beragama.
5
Disajikanurutan, pesertadidikdapatmenentukancontoh perilakumenghargai orang lain dalampergaulan di sekolah.
6
Pesertadidikdapatmenentukancontoh perilakumenghargai orang lain dalampergaulan di masysrakat.
7
2.
Memahamidanmenerapkanhiduprukun di rumahdan di sekolah.
Menerapkanhiduprukun di rumahdan di sekolah.
Disajikanilustrasi, pesertadidikdapatmenentukancontoh perilaku hidup rukun di rumah.
8
Disajikanbeberapapernyataan,pesertadidikdapatmenentukancontoh perilaku hidup rukun di sekolah.
9
3.
Memahamikewajibansebagaiwargadalamkeluargadansekolah.
Melaksanakankewajibansebagaianggotakeluarga.
Pesertadidikdapatmenentukansalahsatukewajiban anak di rumah.
10
Pesertadidikdapatmenentukansalahsatucaramenerapkanperilaku disiplin di rumah.
11
Melaksanakankewajibansebagaisiswa di lingkungansekolah.
Pesertadidikdapatmenentukansalahsatukewajiban siswa di sekolah.
12
Pesertadidikdapatmenentukansalahsatucontoh perilakumenaati tata tertib di lingkungan sekolah.
13
4.
Memahamihiduptertibdangotongroyong.
Mentaatiperaturan yang berlaku di masyarakat.
Pesertadidikdapatmenentukansalahsatutujuandibentuknyaperaturan di masyarakat.
14
Pesertadidikdapatmenentukansumber darisalahsatunorma di masyarakat.
15
Pesertadidikdapatmenentukansanksi yang diterima, jika melanggar salahsatunorma yang berlaku di masyarakat.
16
Membiasakanhidupbekerjasama.
Pesertadidikdapatmenentukansalahsatumanfaat kerjasama.
17
Disajikangambar, pesertadidikdapatmenentukansalahsatucontoh hidup gotong royong di sekolah.
18
5.

Menampilkansikapcintalingkungandandemokratis.
Memilikisikapcintaterhadaplingkungan.
Pesertadidikdapatmenentukansalahsatucontoh perilakumenjaga kelestarian lingkungan.
19
Pesertadidikdapatmenentukansalahsatuakibat tidak menjaga kelestataran lingkungan.
20
Menerapkansikapdemokratisdalamkehidupansehari-hari.
Pesertadidikdapatmenentukansalahsatusikapdemokratis dalamkegiatanmusyawarahdi masyarakat.
21
Pesertadidikdapatmenentukansalahsatucontoh perilakudemokratis di lingkungan sekolah.
22
6.
Menampilkanperilakujujur, disiplin, senangbekerja, serta anti korupsidalamkehidupansehari-hari, sesuaidenganPancasila.
Menerapkansikapjujur, disiplin, senangbekerja, serta anti korupsidalamkehidupansehari-hari.
Pesertadidikdapatmenentukansalahsatumanfaatberperilakujujur dalamkehidupansehari-hari.
23
Pesertadidikdapatmenentukansalahsatucontoh perilaku bekerja kerassebagaipelajar.
24
Disajikanbeberapacontohperilaku, pesertadidikdapatmenentukancontoh perilaku disiplin di rumah.
25
Pesertadidikdapatmenentukansalahsatuakibat dari perbuatan korupsi.
26
7.
Memahami system pemerintahanbaikdalamtingkatdaerahmaupunpusat.
Memahamisitempemerintahandaerah.
Disajikanbagansistempemrintah di desa, pesertadidikdapatmelengkapinya.
27
Pesertadidikdapatmenentukanpenyelenggarapemerintahan di tingkatdaerah.
28
Disajikandaftarurutan,pesertadidikdapatmenentukansecaratepaturutanperangkatdaerah.
29
Memahamitugaspemerintahdaerah.
Disajikandaftarurutan, pesertadidikdapatmenentukansecaratepattugasDPRD.
30
Pesertadidikdapatmenentukansalahsatutugas penegak hukum di daerah.
31
Menjelaskancarapemilihandaerah.
Pesertadidikdapatmenentukansalahsatupersyaratan sebagai pemilih dalampemilukada.
32
Disajikanilustrasitugas panitia penyelenggara pemilukada, pesertadidikdapatmenentukannama penyelenggara tersebut.
33
Memahami system pemerintahanpusat.
Disajikantugasdanwewenanglembaganegara,pesertadidikdapatmenentukannamalembaganegaratersebut.
34
Mengenalorganisasipemerintahanpusat.
Pesertadidikdapatmenentukantugas lembaga legislatifdalampenyelenggaraannegara.
35
Menerapkandemokrasidalamkehidupan.
Pesertadidikdapatmenentukansalahsatuasas dalam pemilihanumum.
36
8

Memahamimaknakeutuhan Negara kesatuanRepublik Indonesia, dengankepatuhanterhadapundang-undang, peraturan, kebiasaan, adat-istiadat, danmenghargaikeputusanbersama
Menjelaskanmaknakeutuhan Negara KesatuanRepublik Indonesia.
Pesertadidikdapatmenentukansalahsatucontoh perilaku rela berkorban demi kepentingan negara.
37
Disajikanilustrasi, pesertadidikdapatmenentukanhasildaripelaksanaanKonggres pemuda II.
38
MemahamiPeraturanperundang-undangan yang berlaku di Indonesia
Pesertadidikdapatmenentukanhukum dasar tertulis yang menjadilandasankonstitusinalbangsaIndonesia.
39
Mengenalnilai-nilaibudayabangsa Indonesia
Pesertadidikdapatmenentukansalahsatunilai luhur keberagamanbudaya bangsa yang harus dipertahankandalamkeberagaman.
40
9.
Memahamidanmenghargainilai-nilaikejuanganbangsa
Memahaminilai-nilaikebersamaandalam proses perumusandasarnegara
Disajikandaftarurutanrumusandasarnegara, pesertadidikdapatmenentukangambartokoh yang mengusulkannya.
41
Pesertadidikdapatmenentukanhasil rumusan dasarnegaraolehPanitia Sembilan.
42
10.
Memahamihubungan Indonesia dengan Negara tetanggadanpolitikluarnegeri.
Memahamihubungan Indonesia dengan Negara tetangga.
Disajikanurutan, pesertadidikdapatmenentukan latar belakang berdirinya ASEAN.
43
Disajikanilustrasi, pesertadidikdapatmenentukanjeniskerjasamaantarbangsa.
44
Disajikanilustrasi, pesertadidikdapatmenentukansalahsatukerjasama di bidangekonomidengannegara-negaratetangga.
45
Pesertadidikdapatmenentukansalahsatukerjasama di bidangsosialbudayadengannegara-negaratetangga.
46
Menjelaskanpolitikluarnegeri Indonesia.
Disajikanilustrasi, pesertadidikdapatmenentukanpengertiandaripelaksanaan politik luar negeri Indonesia.
47
Disajikantabel, pesertadidikdapat menentukan namatokohpemrakarsaGerakan Non Blokdannegaraasalnya.
48
Pesertadidikdapatmenentukancontohperanan politik luar negeri Indonesia di PBB.
49
Pesertadidikdapatmenentukansalahsatuperanan PBB dalam perjuangan bangsa Indonesia.
50


Tidak ada komentar:

Posting Komentar