RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
SD Negeri Jinggotan
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : I / I
Materi Pokok : Kasih Sayang
Alokasi Waktu : 1 x 4 Jam
Pelajaran (1 pertemuan)
A.
Kompetensi
Inti
KI-1 Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI-2 Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
KI-3 Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah
KI-4
Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
NO.
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR PENCAPAIAN
KOMPETENSI
|
1.
|
1.17 Meyakini
Kebenaran Kisah Nabi Muhammad SAW
|
1.17.1
Meyakini kebenaran kisah Nabi Muhammad saw.
|
2.
|
2.17 Menunjukkan
sikap jujur dan kasih sayang sebagai implementasi dari pemahaman kisah
keteladanan Nabi Muhammad saw.
|
2.17.1
Menunjukkan sikap kasih sayang.
|
3.
|
3.17
Memahami kisah keteladanan Nabi
Muhammad saw.
|
3.17.1
Menyebutkan sikap terpuji dari
kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.
3.17.2
Menjelaskan sikap kasih sayang
dari kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.
|
4.
|
4.17
Menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.
|
4.17.1 Menceritakan sikap
terpuji dari kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.
4.17.2 Menceritakan kisah
singkat keteladanan Nabi Muhammad saw.
|
5.
|
1.5 Menerima adanya Allah Swt. Maha Pengasih,
Maha Penyayang dan Maharaja.
|
1.5.1 Menerima adanya Allah Swt. Maha
Pengasih.
1.5.2 Menerima adanya Allah Swt. Maha
Penyayang.
|
6.
|
2.5 Menunjukkan sikap kasih sayang, peduli,
kerjasama dan percaya diri sebagai implementasi dari pemahaman Asmā'ul Husnā:
arRahmān, ar-Rahīm, al-Mālik.
|
2.5.1 Menunjukkan sikap kasih
sayang.
|
7.
|
3.5 Memahami makna Asmā’ul Husnā: ar-Rahmān,
ar-rahīm, dan al-Mālik.
|
3.5.1 Mengartikan Asmāul Husnā
ar-Rahmān.
3.5.2 Mengartikan Asmāul Husnā
ar-Rahīm.
3.5.3 Menyebutkan kasih sayang
Allah Swt.
|
8.
|
4.5 Melafalkan Asmā'ul Husnā: ar-Rahmān,
ar-Rahīm, dan al-Mālik.
|
4.5.1 Melafalkan Asmā'ul Husnā
ar-Rahmān.
4.5.2 Melafalkan Asmāul Husnā
ar-Rahīm.
|
A. Tujuan
Pembelajaran
1. Dengan
menyimak tayangan dan keterangan guru, peserta didik mampu memiliki sikap yakin
tentang kisah Nabi Muhammad SAW dengan baik.
2. Dengan
mendengar arahan dari guru peserta didik akan mampu memiliki sikap kasih sayang
dengan baik.
3. Dengan
berdiskusi dan mendengar arahan guru peserta didik mampu menyebutkan
sikap terpuji dari ketedalanan Nabi Muhammad SAW dengan benar.
4. Dengan
berdiskusi dan mendengar arahan guru peserta didik mampu menjelaskan
sikap kasih sayang dari ketedalanan Nabi Muhammad SAW dengan
benar.
5. Dengan
berdiskusi dan mendengar arahan guru peserta didik mampu menceritakan sikap
terpuji dari keteladanan Nabi Muhammad SAW dengan baik.
6. Dengan
mendengar keterangan guru peserta didik mampu menceritakan kisah
singkat keteladanan Nabi Muhammad SAW dengan baik.
7. Dengan
mendengar arahan dari guru peserta didik akan mampu menerima adanya Allah
SWT Maha Pengasih dengan baik.
8. Dengan
mendengar arahan dari guru peserta didik akan mampu menerima adanya Allah
SWT Maha Penyayang dengan baik.
9. Dengan
berdiskusi dan mendengar arahan guru peserta didik mampu menunjukkan
sikap kasih sayang dengan baik.
10. Dengan
berdiskusi dan mendengar arahan guru peserta didik mampu mengartikan
asmaul husna ar-rahman dengan benar.
11. Dengan
berdiskusi dan mendengar arahan guru peserta didik mampu mengartikan
asmaul husna ar-rahim dengan benar.
12. Dengan
berdiskusi dan mendengar arahan guru peserta didik mampu menyebutkan
kasih saying Allah dengan baik.
13. Dengan
mendengar arahan dari guru peserta didik akan mampu melafalkan asmaul husna
ar-rahman dengan benar.
14. Dengan
mendengar arahan dari guru peserta didik akan mampu melafalkan asmaul husna
ar-rahim dengan benar.
B. Materi Pembelajaran
1.
Kasih Sayang Nabi Muhammad SAW
2.
Kasih Sayang Allah
C.
Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan
Scientific
2.
Teknik
Example non Example
3.
Metode
Ceramah
Tanya Jawab
Penugasan
Diskusi
D.
Media
Pembelajaran
1.
Video kisah Nabi Muhammad SAW
2.
Gambar Sikap Kasih Sayang
3.
Poster Tulisan asmaul husna
Ar-Rahman dan Ar-Rahim beserta artinya
E.
Sumber
belajar
1.
Al-Qur’an
dan Tarjamahnya
2.
LCD Proyektor
3. Ghozaly, Faisal dkk. 2014. Buku Guru: Pendidikan
Agama dan Budi Pekerti, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
F. Langkah-Langkah
Pembelajaran
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Kegiatan Pembuka
1) Guru membuka pembelajaran
dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh salah seorang peserta didik
dengan penuh khidmat dan dilanjutkan menyapa peserta didik;
2) Guru Mengajak siswa tartilan
bersama dengan membaca Al-Qur’an surah pendek pilihan dengan lancar dan
benar;
3) Guru memperlihatkan kesiapan
diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapian pakaian, posisi
dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran;
4) Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran yang akan dicapai dan bentuk penilaian yang akan digunakan
5)
Guru melakukan appersepsi
dan mengajukan pertanyaan komunikatif terkait dengan materi
6)
Guru membagi
peserta didik ke dalam beberapa kelompok
|
20 menit
|
2.
|
Kegiatan
Inti
1)
Peserta didik mengamati
tayangan video kisah Nabi Muhammad SAW dari LCD Proyektor
2)
Siswa Mencatat bagian-bagian
penting tayangan video
3)
Peserta didik menambah
referensi materi dengan membaca keterangan dari buku (Mengamati)
4)
Melalui motivasi dari guru
peserta didik menanyakan tentang sifat Rahman dan Rahim Allah.{
5)
Peserta didik menanyakan apa
bukti adanya Allah
6)
Peserata didik menanyakan
cara-cara mengenal Allah (Menanya)
7)
Peserta didik berdiskusi
tentang arti sifat Rahman dan Rahim Allah.
8)
Peserta didik berdiskusi
tentang cara mengenal Allah melalui alam semesta, Al-Quran dan Asmaul Husna (Mengeksplorasi)
9)
Peserta didik membuat rumusan hasil diskusi kelompok
tentang Allah.
10)
Peserta didik mengidentifikasi bukti tentang Allah itu
ada melalui materi diskusi dalam kelompok
11)
Peserta didik membuat rumusan cara mengenal Allah
melalui Alam semesta, Al-Qur’an dan Asmaul Husna (Mengasosiasi)
12)
Peserta didik secara bergantian masing-masing kelompok
diberi kesempatan untuk presentasi dan bertukar hasil diskusi .
13)
Guru membimbing peserta didik untuk menanggapi hasil
presentasi kelompok lain.
14)
Guru bersama-sama peserta didik membuat kesimpulan
hasil diskusi
15)
Guru memberikan tambahan keterangan dan penguatan serta
motivasi (Mengomunikasi)
|
100 menit
|
3.
|
Kegiatan Penutup
1) Guru melaksanakan penilaian
2) Guru melakukan refleksi dengan
mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah
dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya.
3) Guru merencanakan kegiatan
tindak lanjut dengan memberikan tugas baik individu maupun kelompok bagi
peserta didik.
4) Guru menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
5)
Guru
bersama-sama dengan peserta didik menutup pembelajaran dengan do’a kafaratul
majlis dan salam
|
20 menit
|
G.
Penilaian Hasil Belajar
1. Sikap spiritual
(Observasi)
2. Sikap sosial
(Observasi)
3. Pengetahuan
1) Teknik
Penilaian : Tes tertulis
2) Bentuk
Instrumen : Terlampir
4. Keterampilan
1) Teknik Penilaian : Proyek
2) Bentuk
Instrumen : Terlampir
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar