Kamis, 27 Juli 2017

KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM ) MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM ( IPA ) FISIKA KELAS X ( 1 ) SEMESTER I









KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM )
MATA PELAJARAN
ILMU PENGETAHUAN ALAM ( IPA ) FISIKA
KELAS X ( 1 )  SEMESTER I




















KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM )
MATA PELAJARAN: IPA FISIKA


Sekolah         : SMA/MA ..........
Kelas             : X
Semester      : I (SATU)
KKM               : IPA FISIKA

Kompetensi Dasar
dan Indikator
Standar Kriteria Ketuntasan Minimal
Kriteria Penetapan Ketuntasan
Hasil KKM
Nilai KKM %
Kompleksitas
Daya Dukung
Intake
Pengetahuan
Sikap/Afektif
Jumlah
STANDAR KOMPETENSI
1.     Menerapkan konsep besar-an fisika dan pengukuran-nya

1.1    Mengukur besaran fisika (massa,panjang dan waktu )

§  Menyiapkan instrumen secara tepat serta melaku-kan pengukuran dengan benar berkaitan dengan besaran pokok panjang, massa, waktu, dengan mempertimbangkan aspek ketepatan (akurasi), kesa-lahan matematis yang memerlukan kalibrasi, ketelitian (presisi) dan kepekaan (sensitivitas).







§  Membandingkan besaran pokok dan besaran turun-an serta dapat memberi-kan contohnya dalam kehidupan sehari-hari







§  Menentukan dimensi suatu besaran pokok







§  Mendefinisikan angka penting dan menerapkan-nya.







1.2    Melakukan penjumlahan vektor

·         Menjumlahkan dua vektor atau lebih dengan metoda jajaran genjang dan poligon







·         Menjumlahkan dua vektor yang segaris atau membentuk sudut secara grafis dan menggunakan rumus cosinus.







·         Menguraikan sebuah vektor dalam bidang datar menjadi dua vektor komponen yang saling tegak lurus.







·         Menjumlahkan dua vektor atau lebih dengan cara analisis.







Jumlah 2 KD







KKM (Fisika SK 1)







STANDAR KOMPETENSI
2.      Menerapkan konsep dan prinsip dasar kinematika dan dinamika benda titik

2.1    Menganalisis besaran fisika pada gerak dengan kecepatan dan percepatan konstan

·         Mendefinisikan pengertian gerak







·         Membedakan jarak dan perpindahan







·         Membedakan kecepatan rata-rata dan kecepatan sesaat







·         Menyimpulkan karakteristik gerak lurus beraturan (GLB) dan gerak lurus berubah beraturan (GLBB) melalui percobaan dan pengukuran besaran-besaran terkait







·         Membedakan percepatan rata-rata dan percepatan sesaat







2.2    Menganalisis besaran fisika pada gerak melingkar dengan laju konstan

·         Merumuskan gerak melingkar beraturan secara kuantitatif.







·         Menjelaskan pengertian percepatan sentripetal, dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari







·         Memberikan contoh gerak melingkar beraturan dan berubah beraturan dalam kehidupan sehari-hari







2.3       Menerapkan Hukum Newton se bagai prinsip dasar dinamika un tuk gerak lurus, gerak vertikal, dan gerak melingkar beraturan.







·         Memberikan contoh penerapan hukum Newton dengan menggunakan berbagai media







·         Melakukan percobaan yang berhubungan dengan hukum-hukum Newton







·         Melukiskan diagram gaya-gaya yang bekerja pada suatu benda







·                   Menjelaskan pengertian gaya berat dan gaya gesekan, serta contoh aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari







·         Menjelaskan konsep gaya sentripetal pada gerak melingkar beraturan







·         Melakukan analisa kuantitatif untuk persoalan-persoalan dinamika sederhana pada bidang tanpa gesekan.







Jumlah 3 KD







KKM (Fisika SK 2)








............., ............... 2008
Mengetahui
Kepala SMA/MA.............                                                                   Guru Mata Pelajaran




.........................................                                                                   ............................
NIP.                                                                                                    NIP.













KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM )
MATA PELAJARAN
ILMU PENGETAHUAN ALAM ( IPA ) FISIKA
KELAS X ( 1 )  SEMESTER II



















KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM )
MATA PELAJARAN: IPA FISIKA


Sekolah         : SMA/MA ..........
Kelas             : X
Semester      : II
KKM               : IPA FISIKA

Kompetensi Dasar
dan Indikator
Standar Kriteria Ketuntasan Minimal
Kriteria Penetapan Ketuntasan
Hasil KKM
Nilai KKM %
Kompleksitas
Daya Dukung
Intake
Pengetahuan
Jumlah
Sikap/Afektif
STANDAR KOMPETENSI
3.      Menerapkan prinsip kerja alat-alat optik

3.1   Menganalisis alat-alat optik        secara kualitatif dan kuantitatif

  • Menganalisis pembentukan bayangan pada lup, kaca mata, mikroskop, dan teropong







  • Mendeskripsikan fungsi dan bagian alat optik mata dan kacamata, mikroskop, dan teropong







  • Membedakan pengamatan tanpa akomodasi dan akomodasi maksimum







  • Menentukan kekuatan lensa kacamata pada penderita miopi dan hipermetropi







  • Menghitung perbesaran lup, mikroskop,  dan teropong







        Menerapkan alat-alat optik dalam kehidupan sehari-hari







  • Mengidentifikasi penerapan berbagai alat optik dalam kehidupan sehari-hari







  • Merancang dan membuat teropong sederhana







Jumlah 2 KD







KKM (Fisika SK 3)







STANDAR KOMPETENSI
4.      Menerapkan konsep kalor dan prinsip konservasi energi pada berbagai perubahan energi

4.1    Menganalisis pengaruh kalor terhadap suatu zat

  • Menganalisis pengaruh kalor terhadap suhu dan wujud benda







  • Menjelaskan peristiwa perubahan wujud dan karakteristiknya serta memberikan contohnya dalam kehidupan sehari-hari.







  • Memberikan gambaran tentang faktor yang mempengaruhi peristiwa perubahan wujud.







  • Melakukan analisis kuantitatif tentang perubahan wujud







4.2    Menganalisis cara perpindahan kalor

  • Membedakan peristiwa perpindahan kalor cara konduksi, konveksi dan radiasi







  • Menentukan factor-faktor yang berpengaruh pada peristiwa perpindahan kalor melalui konduksi, konveksi, dan radiasi







  • Memberikan contoh melalui percobaan peristiwa konduksi, konveksi, dan radiasi dalam kehidupan sehari-hari, serta penerapannya dalam bentuk teknologi sederhana







  • Mendemonstrasikan cara untuk mengurangi/mencegah perpindahan kalor melalui konduksi, konveksi, dan radiasi







4.3    Menerapkan asas Black dalam pemecahan masalah

  • Mendeskripsikan perbedaan kalor yang diserap dan kalor yang dilepas







  • Menerapkan asas Black dalam peristiwa pertukaran kalor







Jumlah 3 KD







KKM (Fisika SK 4)







STANDAR KOMPETENSI
5.      Menerapkan konsep kelistrikan dalam berbagai penyelesaian masalah dan berbagai produk teknologi

5.1    Memformulasikan besaran-besaran listrik rangkaian tertutup sederhana (satu loop)

  • Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi besar hambatan suatu penghantar







  • Menjelaskan besar dan arah kuat arus listrik dalam rangkai- an sederhana (satu loop)







  • Menjelaskan tegangan yang tertera pada alat listrik dan mampu menghitung energi dan daya yang terpakai pada alat listrik







  • Menentukan kuat arus pada rangkaian majemuk dua loop







  • Menentukan kuat arus pada rangkaian majemuk lebih dari dua loop *)







5.2    Mengidentifikasi penerapan listrik AC dan DC dalam kehidupan sehari-hari

  • Membedakan tegangan DC dan tegangan AC dalam bentuk grafik misalnya yang dihasilkan osiloskop







  • Menjelaskan bentuk rangkaian AC yang digunakan dalam rumah-rumah.







  • Menunjukkan penerapan listrik AC dan DC dalam kehidupan sehari-hari.







5.3    Menggunakan alat ukur listrik

  • Membedakan jenis dan fungsi alat ukur listrik







  • Menjelaskan cara membaca dan memasang alat ukur kuat arus dan alat ukur tegangan







  • Menggunakan amper meter dan voltmeter dalam rangkaian







Jumlah 3 KD







KKM (Fisika SK 5)







STANDAR KOMPETENSI
6        Memahami konsep dan prinsip gelombang elektromagnetik







6.1    mendeskripsikan spektrum gelombang elektromagnetik







  • Mencari dan menelusuri literatur tentang gelombang elektromagnetik







  • Menyusun deret gelombang elektromagnetik berdasarkan frekuensi atau panjang gelombang







6.2    Menjelaskan aplikasi gelombang elektromagnetik pada kehidupan sehari-hari

  • Mengidentifikasi penggunaan gelombang elektromagnetik (seperti infra merah, ultra violet, sinar laser, dan lain







  • Menjelaskan perbedaan penggunaan rentang frekuensi/panjang gelombang  pada komunikasi radio, radar, telepon dan lain







Jumlah 2 KD







KKM (Fisika SK 6)










KKM FISIKA KELAS X
NO
KKM FISIKA
KKM
1
FISIKA SK 1

2
FISIKA SK 2

3
FISIKA SK 3

4
FISIKA SK 4

5
FISIKA SK 5

6
FISIKA SK 6

Jumlah

Total KKM Fisika Kelas X





............., ............... 2008
Mengetahui
Kepala SMA/MA.............                                                                   Guru Mata Pelajaran




.........................................                                                                   ............................
NIP.                                                                                                    NIP.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar