KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM )
MATA PELAJARAN
ILMU PENGETAHUAN ALAM ( IPA ) FISIKA
KELAS X ( 1 )
SEMESTER I
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM )
MATA PELAJARAN: IPA FISIKA
Sekolah : SMA/MA ..........
Kelas :
X
Semester : I (SATU)
KKM : IPA FISIKA
Kompetensi Dasar
dan Indikator
|
Standar Kriteria Ketuntasan Minimal
|
||||||
Kriteria Penetapan
Ketuntasan
|
Hasil KKM
|
Nilai KKM %
|
|||||
Kompleksitas
|
Daya Dukung
|
Intake
|
Pengetahuan
|
Sikap/Afektif
|
Jumlah
|
||
STANDAR KOMPETENSI
1.
Menerapkan konsep besar-an fisika
dan pengukuran-nya
|
|
||||||
1.1 Mengukur
besaran fisika (massa,panjang dan waktu )
|
|
||||||
§ Menyiapkan instrumen secara tepat serta melaku-kan
pengukuran dengan benar berkaitan dengan besaran pokok panjang, massa, waktu,
dengan mempertimbangkan aspek ketepatan (akurasi), kesa-lahan matematis yang
memerlukan kalibrasi, ketelitian (presisi) dan kepekaan (sensitivitas).
|
|
|
|
|
|
|
|
§ Membandingkan besaran pokok dan besaran turun-an serta
dapat memberi-kan contohnya dalam kehidupan sehari-hari
|
|
|
|
|
|
|
|
§ Menentukan dimensi suatu besaran pokok
|
|
|
|
|
|
|
|
§ Mendefinisikan angka penting dan menerapkan-nya.
|
|
|
|
|
|
|
|
1.2 Melakukan penjumlahan vektor
|
|
||||||
·
Menjumlahkan dua
vektor atau lebih dengan metoda jajaran genjang dan poligon
|
|
|
|
|
|
|
|
·
Menjumlahkan dua
vektor yang segaris atau membentuk sudut secara grafis dan menggunakan rumus
cosinus.
|
|
|
|
|
|
|
|
·
Menguraikan sebuah
vektor dalam bidang datar menjadi dua vektor komponen yang saling tegak
lurus.
|
|
|
|
|
|
|
|
·
Menjumlahkan dua
vektor atau lebih dengan cara analisis.
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah 2 KD
|
|
|
|
|
|
|
|
KKM (Fisika SK 1)
|
|
|
|
|
|
|
|
STANDAR KOMPETENSI
2. Menerapkan konsep dan prinsip dasar kinematika dan dinamika benda titik
|
|
||||||
2.1
Menganalisis besaran fisika pada gerak dengan kecepatan dan percepatan
konstan
|
|
||||||
·
Mendefinisikan
pengertian gerak
|
|
|
|
|
|
|
|
·
Membedakan jarak dan
perpindahan
|
|
|
|
|
|
|
|
·
Membedakan kecepatan
rata-rata dan kecepatan sesaat
|
|
|
|
|
|
|
|
·
Menyimpulkan
karakteristik gerak lurus beraturan (GLB) dan gerak lurus berubah beraturan
(GLBB) melalui percobaan dan pengukuran besaran-besaran terkait
|
|
|
|
|
|
|
|
·
Membedakan
percepatan rata-rata dan percepatan sesaat
|
|
|
|
|
|
|
|
2.2 Menganalisis besaran fisika pada
gerak melingkar dengan laju konstan
|
|
||||||
·
Merumuskan gerak
melingkar beraturan secara kuantitatif.
|
|
|
|
|
|
|
|
·
Menjelaskan
pengertian percepatan sentripetal, dan mengaplikasikannya dalam kehidupan
sehari-hari
|
|
|
|
|
|
|
|
·
Memberikan
contoh gerak melingkar beraturan dan berubah beraturan dalam kehidupan
sehari-hari
|
|
|
|
|
|
|
|
2.3 Menerapkan
Hukum Newton se bagai prinsip dasar dinamika un tuk gerak lurus, gerak
vertikal, dan gerak melingkar beraturan.
|
|
|
|
|
|
|
|
·
Memberikan contoh
penerapan hukum Newton dengan menggunakan berbagai media
|
|
|
|
|
|
|
|
·
Melakukan percobaan
yang berhubungan dengan hukum-hukum Newton
|
|
|
|
|
|
|
|
·
Melukiskan diagram
gaya-gaya yang bekerja pada suatu benda
|
|
|
|
|
|
|
|
·
Menjelaskan pengertian gaya berat dan gaya gesekan, serta contoh
aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari
|
|
|
|
|
|
|
|
·
Menjelaskan konsep
gaya sentripetal pada gerak melingkar beraturan
|
|
|
|
|
|
|
|
·
Melakukan
analisa kuantitatif untuk persoalan-persoalan dinamika sederhana pada bidang
tanpa gesekan.
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah 3 KD
|
|
|
|
|
|
|
|
KKM (Fisika SK 2)
|
|
|
|
|
|
|
|
............., ............... 2008
Mengetahui
Kepala SMA/MA............. Guru
Mata Pelajaran
......................................... ............................
NIP. NIP.
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM )
MATA PELAJARAN
ILMU PENGETAHUAN ALAM ( IPA ) FISIKA
KELAS X ( 1 )
SEMESTER II
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM )
MATA PELAJARAN: IPA FISIKA
Sekolah : SMA/MA ..........
Kelas :
X
Semester : II
KKM : IPA FISIKA
Kompetensi Dasar
dan Indikator
|
Standar Kriteria Ketuntasan Minimal
|
||||||
Kriteria Penetapan
Ketuntasan
|
Hasil KKM
|
Nilai KKM %
|
|||||
Kompleksitas
|
Daya Dukung
|
Intake
|
Pengetahuan
|
Jumlah
|
Sikap/Afektif
|
||
STANDAR KOMPETENSI
3.
Menerapkan prinsip kerja alat-alat
optik
|
|
||||||
3.1 Menganalisis alat-alat optik secara kualitatif dan kuantitatif
|
|
||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Menerapkan alat-alat optik dalam kehidupan sehari-hari
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah 2 KD
|
|
|
|
|
|
|
|
KKM (Fisika SK 3)
|
|
|
|
|
|
|
|
STANDAR KOMPETENSI
4.
Menerapkan konsep kalor dan
prinsip konservasi energi pada berbagai perubahan energi
|
|
||||||
4.1 Menganalisis pengaruh kalor
terhadap suatu zat
|
|
||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.2 Menganalisis cara perpindahan
kalor
|
|
||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.3 Menerapkan asas Black dalam
pemecahan masalah
|
|
||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah 3 KD
|
|
|
|
|
|
|
|
KKM (Fisika SK 4)
|
|
|
|
|
|
|
|
STANDAR KOMPETENSI
5.
Menerapkan konsep kelistrikan
dalam berbagai penyelesaian masalah dan berbagai produk teknologi
|
|
||||||
5.1 Memformulasikan besaran-besaran
listrik rangkaian tertutup sederhana (satu loop)
|
|
||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.2 Mengidentifikasi penerapan listrik
AC dan DC dalam kehidupan sehari-hari
|
|
||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.3 Menggunakan alat ukur listrik
|
|
||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah 3 KD
|
|
|
|
|
|
|
|
KKM (Fisika SK 5)
|
|
|
|
|
|
|
|
STANDAR KOMPETENSI
6
Memahami konsep dan prinsip gelombang
elektromagnetik
|
|
|
|
|
|
|
|
6.1 mendeskripsikan spektrum gelombang
elektromagnetik
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.2 Menjelaskan aplikasi gelombang
elektromagnetik pada kehidupan sehari-hari
|
|
||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah 2 KD
|
|
|
|
|
|
|
|
KKM (Fisika SK 6)
|
|
|
|
|
|
|
|
KKM FISIKA KELAS X
|
||
NO
|
KKM FISIKA
|
KKM
|
1
|
FISIKA
SK 1
|
|
2
|
FISIKA
SK 2
|
|
3
|
FISIKA
SK 3
|
|
4
|
FISIKA
SK 4
|
|
5
|
FISIKA
SK 5
|
|
6
|
FISIKA
SK 6
|
|
Jumlah
|
|
|
Total KKM Fisika Kelas X
|
|
............., ............... 2008
Mengetahui
Kepala SMA/MA............. Guru
Mata Pelajaran
......................................... ............................
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar